Logo
Jack the ripper
  • Oleh Indriane

  • Kamis, 24 Juni 2021 | 07:18 WIB
film
10 Fakta Jack The Ripper, Lawan Hercules di Record of Ragnarok 2
Photo: Berbagai sumber

ZIGI – Jack the Ripper adalah julukan yang diberikan untuk pembunuh berantai tak dikenal yang beraksi di sekitar Whitechapel, London pada tahun 1888. Misteri tersebut belum terpecahkan hingga saat ini dan sering dijadikan inspirasi film termasuk Record of Ragnarok.

Dikutip Zigi.id dari History Hit pada Rabu, 23 Juni 2021, ratusan orang telah diajukan sebagai tersangka kasus di balik pembunuhan berantai tersebut. Penasaran dengan sejarah dan kasusnya? Yuk simak fakta-fakta di bawah ini!

1.Awal Mula


Sumber foto: thetravel.com

Pada pertengahan abad ke-19, Inggris menerima gelombang imigran Irlandia yang memengaruhi jumlah populasi di kota-kota besar di Inggris. Sejak 1882, pengungsi Yahudi dari Eropa Timur dan Rusia juga berdatangan ke kawasan yang sama. Hal ini menyebabkan paroki sipil Whitechapel di East End, London, menjadi semakin penuh sesak.

Kondisi perekonomian pun memburuk sehingga perampokan, kekerasan dan ketergantungan alkohol sudah menjadi hal yang lumrah di daerah tersebut. Rasisme, kriminalitas, kerusuhan sosial dan kemiskinan memunculkan persepsi publik bahwa Whitechapel merupakan sarang imoralitas utama di London.

Pada tahun 1888, persepsi ini semakin diperkuat dengan terjadinya serangkaian pembunuhan keji yang dikaitkan dengan Jack the Ripper.

2.Lima Orang Terbunuh


Sumber foto: thetravel.com

Kasus pembunuhan yang terjadi di Inggris pada rentang Agustus hingga November 1888 adalah salah satu kasus kriminal paling misterius bagi aparat kepolisian Inggris. Pelaku pembunuhan itu tak pernah tertangkap karena polisi tak memiliki cukup bukti. Hal itu yang menyabkan si pelaku dijuluki Jack The Ripper tau Jack si Pencabik. 

Jack mungkin sudah membunuh banyak orang tapi korban yang benar-benar terbukti yaitu lima orang. Mereka adalah Mary Ann Nichols, Annie Chapman, Elizabeth Stride, Catherine Eddowes dan Mary Jane Kelly.

Tubuh lima perempuan tersebut semuanya telah dimutilasi dengan cara yang sadis dan tidak biasa, dengan organ seperti ginjal dan rahim diangkat. Ini menunjukkan bahwa pembunuh memiliki pengetahuan substansial tentang anatomi manusia.

3.Semua Korban Diduga PSK


Sumber foto: thetravel.com

Akibat kondisi Whitechapel dipenuhi oleh imigran sehingga perekonomian sulit, dilaporkan bahwa 1.200 perempuan bekerja sebagai PSK (Pekerja Seks Komersial). Menurut Listerious, semua terduga korban Jack the Ripper adalah PSK yang bekerja di jalanan hingga larut malam.

4.Dibunuh dengan Cara dan Waktu yang sama


Sumber foto: thetravel.com

Lima korban tersebut juga disebut The Canonical Five. Kasus pembunuhan tersebut saling berkaitan karena mereka telah dibunuh dengan cara yang sama, dibunuh pada waktu yang hampir bersamaan dalam minggu atau bulan dan semuanya dibunuh pada malam hari.

Mary Ann Nichols ditemukan 31 Agustus, Annie Chapman ditemukan 8 September, Elizabeth Stride ditemukan 30 September, Catherine Eddowes ditemukan 30 September dan Mary Jane Kelly ditemukan 9 November. 

5.Diasumsikan Pelaku Memiliki Pekerjaan Tetap


Sumber foto: thetravel.com

Salah satu fakta yang luar biasa tentang Jack the Ripper adalah bahwa ia kemungkinan besar memiliki pekerjaan tetap. Hal ini disimpulkan karena semua pembunuhan terjadi pada waktu yang sama di malam hari dan selama akhir pekan.

Yang lebih penting adalah bahwa ini juga berarti bahwa dia tidak akan terlalu curiga dan mudah diabaikan. Dia kemungkinan besar adalah penduduk lokal yang berbaur tanpa menarik perhatian pada dirinya sendiri, yang mungkin menjelaskan mengapa dia bisa lolos dari kejahatannya yang mengerikan.

6.Polisi Terima Surat Aneh


Sumber foto: thetravel.com

Referensi pertama untuk Jack the Ripper dibuat dalam surat yang diduga dari si pembunuh itu sendiri. Surat itu diterima di Kantor Berita Pusat pada 27 September 1888 dengan tulisa 'Dear Boss' yang artinya mengejek upaya polisi untuk menemukan si pembunuh dan berjanji untuk melanjutkan pembunuhan itu.

Awalnya dianggap palsu, surat itu merujuk pada pemotongan telinga korban berikutnya. Benar saja, tiga hari kemudian, tubuh Catherine Eddowes ditemukan dengan bagian daun telinganya terpotong. Ada pula yang bertuliskan ‘From Hell Letter’ ditujukan kepada George Lusk dari Komite Kewaspadaan dan berisi sebuah kotak dengan ginjal kiri manusia.

7.Ratusan Nama Diajukan Sebagai Tersangka


Sumber foto: thetravel.com

Montague John Druitt dianggap sebagai tersangka utama, dengan bukti bahwa pembunuhan berakhir saat kematiannya yakni pada 1888. Lalu, ada pula George Chapman yang juga diduga sebagai tersangka. 

George dianggap sebagai Jack The Ripper karena pembunuhan tiga istrinya. Namun, ia membunuh ketiga istrinya tersebut dengan racun bukan dengan pisau. 

Namun, dalam buku Patricia Cornwell berjudul Portrait of a Killer: Jack the Ripper – Case Closed terdapat tersangka lain yakni pelukis Walter Sickert. Hal itu terletak pada bukti DNA dari surat-surat Jack The Ripper yang cocok dengan DNA yang ditemukan pada surat-surat yang ditulis oleh Sickert. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa surat Jack The Ripper dianggap sebagai tipuan.

8.Museum Jack the Ripper


Sumber foto: theguardian.com

Di Cable Street di Tower Hamlets di East End of London, ada museum yang didedikasikan untuk sejarah Jack the Ripper. Museum yang dibuka pada tahun 2015 itu berisi beberapa artefak unik dan menciptakan kembali setting yang tepat di mana pembunuhan terjadi.

9.Ada Bagian Tubuh Korban yang Hilang


Sumber foto: thetravel.com

Jack the Ripper diduga mengambil dan menyimpan bagian tubuh si korban. Menurut Historic UK, setelah Annie dibunuh dan dimutilasi, sebagian dari bagian dalam tubuhnya telah diambil. Bagian itu adalah kandung kemih dan beberapa organ lainnya.

10.Film Tentang Jack The Ripper


Sumber foto: youtube.com

Puluhan film terinspirasi dari kisah Jack The Ripper. Di tahun 1988, film Jack’s Back menceritakan seorang dokter yang dituduh melakukan pembunuhan mirip dengan Jack the Ripper. Lalu, ada film From Hell (2001) dan dibintangi oleh Johnny Depp. Film From Hell mengikuti kisah Jack The Ripper yang menjadi buronan polisi.

Manga dan anime Black Butler juga terinspirasi dari kisah Jack The Ripper. Ada pula film Jack The Ripper: The London Slasher (2016). Terbaru, Jack The Ripper muncul di episode 12 anime Record of Ragnarok.

Nantinya, pertarungan Jack The Ripper akan muncul di anime Record of Ragnarok Season 2. Dia akan bertarung dengan Hercules dalam anime yang dijadwalkan tayang musim panas 2022. Sebelumnya, Record of Ragnarok musim pertama telah tayang pada 17 Juni 2021 di Netflix. Anime ini diangkat dari manga berjudul Shuumatsu No Valkyrie diciptakan oleh Shinya Umemura dan Takumi Fukui.

  • Editor: Indriane
Recommended
Record of ragnarok

Spoiler dan Jadwal Rilis Record of Ragnarok Chapter 50

  • 08 Juli 2021, 13:43 WIB
Spoiler manga Record of Ragnarok chapter 50, pertarungan sengit antara Buddha dan Hajun hingga menguak sosok Beelzebub.
Beelzebub Record of Ragnarok 49

10 Fakta Beelzebub, Pangeran Neraka di Manga Record of Ragnarok

  • 02 Juli 2021, 18:25 WIB
Deretan fakta menarik Beelzebub, muncul di manga Record of Ragnarok 49 disebut pangeran neraka hingga menipu manusia.
Record of ragnarok chapter 49

Baca Manga Record of Ragnarok Chapter 49: Hajun Menantang Buddha

  • 02 Juli 2021, 15:55 WIB
Manga Record of Ragnarok chapter 49 rilis bersamaan dengan chapter 48. Zerofuku berubah menjadi Hajun melawan Buddha.
Raiden Tameemon

8 Fakta Raiden Tameemon, Pegulat Jepang di Record of Ragnarok 2

  • 29 Juni 2021, 08:00 WIB
Deretan fakta menarik Raiden Tameemon, pegulat Sumo Jepang yang akan lawan Dewa Siwa di anime Record of Ragnarok 2.
Manga record of ragnarok chapter 48

Baca Manga Record of Ragnarok Chapter 48, Jadwal Rilis Terbaru

  • 24 Juni 2021, 18:11 WIB
Jadwal baca manga Record of Ragnarok chapter 48 terbit 25 Juni 2021 di Jepang. Pertarungan Buddha Vs Zerofuku masih berlangsung.
Sasaki kojiro

8 Fakta Sejarah Sasaki Kojiro, Samurai Jepang di Record of Ragnarok

  • 23 Juni 2021, 15:27 WIB
Deretan fakta Sasaki Kojiro, samurai Jepang terkenal. Mulai dari sejarah, teknik duel hingga kemunculan di Record of Ragnarok.
The Latest
I love you silly

Jourdy Pranata Bocorkan SeriaI I Love You Silly Season 2, Ada Ayah Ben

  • 26 Juli 2021, 13:13 WIB
Snake eyes

Daftar Box Office 23-25 Juli 2021, Snake Eyes Dikalahkan Film Old

  • 26 Juli 2021, 11:12 WIB
Antares

5 Fakta Antares, Serial Baru Angga Yunanda Tayang di WeTV

  • 25 Juli 2021, 21:29 WIB
Film Selesai

Fakta dan Jadwal Tayang Film Selesai Dibintangi Anya Geraldine

  • 25 Juli 2021, 16:32 WIB
Fist Fight

Sinopsis dan Link Nonton Fist Fight Sub Indo 

  • 25 Juli 2021, 09:41 WIB
INDEKS