3 Fakta dan Sinopsis Film Hidayah, Ajil Ditto Hadapi Sosok Gaib - Film ZIGI.ID
Logo
Film Hidayah
film
Film Hidayah
Photo: Instagram/@filmhidayah
Film Hidayah

ZIGI – Film yang diadaptasi dari sebuah majalah religi fenomenal, Hidayah akan tayang pada Kamis, 20 Oktober 2022. Berbeda dengan versi sinetron yang populer di awal tahun 2000-an, film Hidayah mengambil satu kisah di mana salah seorang gadis menderita gara-gara gangguan makhluk halus.

Film Hidayah menjadi salah satu film horor yang tayang di bulan Oktober 2022 selain Inang, Kalian Pantas Mati, Pamali hingga Qodrat. Berikut fakta dan sinopsis film Hidayah. Yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Fakta Film INANG Besutan Fajar Nugros, Debut di BIFAN 2022

Sinopsis Film Hidayah

Film Hidayah
Photo : Instagram/@filmhidayah
Film Hidayah

Film Hidayah mengisahkan tentang Bahri (Ajil Ditto) yakni seorang ustaz dan memutuskan bekerja di kota untuk mengubur masa lalunya. Suatu ketika ia kembali ke kampung halaman namun ia merasa ada yang aneh dengan suasana kampungnya tersebut.

Hasan, teman Bahri dari kampung halamannya mendatanginya untuk meminta pertolongan. Pasalnya Ratna, temannya di kampung mengalami penyakit aneh dan menderita karena gangguan makhluk halus. 

Sayangnya, Ratna tidak tertolong dan makhluk halus tersebut justru meneror warga kampung. Bahkan makhluk halus tersebut merenggut nyawa dari para penghuni kampung tersebut. Hal ini membuat Bahri penasaran dengan apa yang terjadi di kampungnya itu.

Diadaptasi dari Majalah Religi dan Sinetron Populer

Film Hidayah
Photo : Instagram/@filmhidayah
Film Hidayah

Film Hidayah rupanya diadaptasi dari sebuah majalah religi yang populer di awal tahun 2000-an dengan judul yang sama. Majalah ini sangat populer di zamannya karena menyuguhkan sampul yang menyeramkan namun diminati oleh banyak orang.

Hingga akhirnya, alur cerita dari majalah religi ini diangkat menjadi serial TV yang diproduksi oleh MD Entertainment. Majalah itu juga diangkat menjadi sinetron yang memiliki ratusan episode sejak pertama kali tayang pada 2005 hingga 2007. Sinetron Hidayah tayang setiap pukul 18.30 di Trans TV dan memiliki judul yang berbeda setiap episode-nya.

Pemeran Film Hidayah

Pemeran Film Hidayah
Photo : Instagram/@amiasrizaltankot
Pemeran Film Hidayah

Ajil Ditto dipercaya memerankan seorang ustaz bernama Bahri. Ia meninggalkan kampung halamannya dan memutuskan kerja di kota karena ingin melupakan masa lalunya. Kemudian ada teman Bahri satu kampung bernama Hasan yang diperankan oleh Alif Joerg.

Sementara Ratna diperankan oleh Givana yakni teman masa kecil Bahri yang diganggu makhluk halus dan menderita sakit parah. Selain itu, terdapat pemain pendukung lainnya seperti Unique Priscilla, Khiva Iskak, Joshua Pandelaki, Fanny Ghassani, Revaldo hingga Dewi Yull.

Diarahkan oleh Sutradara Kawakan

Sutradara film Hidayah, Monty Tiwa
Photo : Instagram/@filmhidayah
Sutradara film Hidayah, Monty Tiwa

Bagi pecinta film, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Monty Tiwa. Selain sebagai penulis naskah, Monty Tiwa juga dikenal sebagai sutradara. Sejumlah film pernah diarahkan oleh Monty Tiwa seperti Pocong 3 (2007), Laskar Pemimpi (2010), Get Married 3 (2011), Rompis (2018) hingga Layla Majnun (2020).

Film terbaru yang diarahkan oleh Monty Tiwa adalah Hidayah, sutradara kelahiran 1976 ini telah berpengalaman untuk menyutradarai film-film horor.

Demikian fakta dan sinopsis film Hidayah yang tayang pada Kamis, 20 Oktober 2022 di seluruh bioskop Indonesia. Film Hidayah menjadi film horor terbaru yang diarahkan oleh sutradara Monty Tiwa.

Baca Juga: 9 Film Bertema Halloween, Ada Fun Size hingga Goosbumps 2

  • Editor: Jean Ayu Karna Asmara
Recommended

Profil dan Biodata Ajil Ditto: Agama, Pacar, Film, Bisnis, Tinggi

  • 18 Juli 2022, 08:00 WIB
Profil dan biodata Ajil Ditto, aktor berdarah Medan yang membintangi serial Dikta dan Hukum bareng Natasha Wilona.

8 Film Horor Indonesia Tayang 2022, Keramat 2 Hingga Pengabdi Setan 2

  • 18 Mei 2022, 11:05 WIB
Setelah KKN, ada 8 film horor Indonesia yang bakalan tayang di tahun 2022, mulai dari Keramat 2 hingga Pengabdi Setan 2.

6 Film Horor Indonesia Terlaris 2022, Termasuk KKN di Desa Penari

  • 14 Mei 2022, 08:00 WIB
Daftar film horor Indonesia terlaris sepanjang masa. Kini dipimpin KKN di Desa Penari, sebelumnya Pengabdi Setan (2017).

Sinopsis Karakter Jeno di Serial Dikta dan Hukum, Fans NCT Komplain

  • 01 Desember 2021, 12:14 WIB
NCTzens mengkomentari penggunaan nama Jeno NCT dalam serial WeTV yang diadaptasi dari AU NCT, Dikta dan Hukum.

Fakta Sinopsis Dikta dan Hukum, dari AU NCT Jadi Serial WeTV

  • 30 November 2021, 13:01 WIB
Serial Dikta dan Hukum berawal dari AU NCT di Twitter, terinspirasi dari karakter Doyoung NCT kini diperankan Ajil Ditto.

Sinopsis dan Jadwal Tayang Kacamata Lani Eps 1-6, Ada Yoriko Angeline

  • 23 September 2021, 19:42 WIB
5 fakta serial Kacamata Lani yang dibintangi Yoriko Angeline dan Ajil Ditto, tayang perdana di Genflix pada 24 September 2021.
The Latest
The Marvels

Sinopsis dan Jadwal Tayang The Marvels, Debut Hollywood Park Seo Joon

  • 02 Desember 2022, 12:32 WIB
Serial  Wednesday

Nonton Serial Wednesday Episode 1-8 Sub Indo, Dibintangi Jenna Ortega

  • 01 Desember 2022, 19:22 WIB
Film Decibel

Sinopsis dan Cara Nonton Decibel Sub Indo, Dibintangi Lee Jong Suk

  • 30 November 2022, 11:29 WIB
The Big 4

Sinopsis, Pemain dan Jadwal Tayang Film The Big 4, Aksi Putri Marino

  • 28 November 2022, 17:51 WIB
Serial Netflix Skor Tertinggi di Rotten Tomatoes

8 Serial Netflix Rating Tertinggi di Rotten Tomatoes, Ada Bridgerton

  • 27 November 2022, 08:00 WIB
INDEKS