Logo
Nussa dan Rara
film
5 Fakta Film Nussa dan Rara hingga Dituduh Taliban
Photo: youtube.com

ZIGI – Film Nussa dan Rara yang merupakan animasi hasil kreasi anak negeri lagi-lagi menjadi sorotan usai dituding oleh sejumlah pihak menyisipkan unsur Taliban.

Pakaian yang dikenakan karakter dalam film animasi tersebut dinilai tidak mencerminkan Indonesia yang dikenal sebagai sebuah negara yang memiliki keanekaragaman luar biasa.

Nah, daripada terjebak dalam perdebatan terkait nilai apa yang ada di balik film animasi Nussa dan Rara. Berikut Zigi.id rangkum sejumlah fakta menarik tentang film animasi yang tayang di channel YouTube Nussa Official. 

Nuansa Keluarga Islam


Source: youtube.com

Film Nussa dan Rara memang kental dengan nuansa keluarga Islam dilihat dari gaya pakaiannya, nama karakternya dan pesan yang ditonjolkannya. Nussa sebagai karakter utamanya digambarkan sebagai anak kecil yang ingin menjadi astronot dan hafiz Quran.

Adiknya yang bernama Rara, memakai jilbab berwarna merah, berbaju kuning dan senang bermain bersama kucingnya yang bernama Antta. Sementara itu, orangtua Nussa dan Rara juga memiliki nama panggilan yang cenderung bergaya Arab yakni Umma dan Abba.

Karya Anak Bangsa


Source: youtube.com

Film animasi ini sebenarnya patut dibanggakan karena merupakan karya anak bangsa Indonesia. Nussa dan Rara disutradarai oleh Angga Sasongko dan diproduseri oleh istrinya sendiri yakni Anggia Kharisma.

Cerita dan skenario film ini digarap oleh Skriptura, divisi IP Development Visimedia Group, animasinya dikerjakan oleh the Little Giantz, sedangkan distribusi dan promosinya dipegang oleh Visinema pictures.

Film kartun dengan sasaran penonton kalangan anak-anak ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 2018 lalu dan bisa dinikmati melalui kanal YouTube resminya @Nussa official.

Jadi Favorit di YouTube


Source: nussaofficial.com

Berdasarkan penelusuran Zigi.id, animasi Nussa dan Rara tergolong sukses di kanal YouTube mereka Nussa Official. Saat ini, channel tersebut telah memiliki 7,89 juta subscriber dengan kurang lebih 157 video yang telah diunggah. Video-video terbaru Nussa dan Rara bisa disaksikan setiap hari Jumat pukul 04.30 WIB.

Dipopulerkan Felix Siauw


Source: youtube.com

Penceramah Felix Siauw yang diangap sebagai tokoh di balik nuansa Islam dalam film Nussa dan Rara secara terang-terangan mempromosikan film kartun ini. Ketika itu saat film ini diangkat ke layar lebar, Felix mengajak masyarakat untuk menontonnya.

Ia menilai, Nussa dan Rara jauh dari unsur radikal dan justru mengajarkan anak-anak mengenal Islam lebih dalam. Felix yang tumbuh sebagai seorang mualaf menyebut kartun Nussa dan Rara sarat akan pesan toleransi yang baik untuk diajarkan kepada anak bangsa sejak dini.

Dituduh Taliban


Source: twitter.com

Taliban berasal dari bahasa Arab ‘thalib’ yang artinya laki-laki pencari ilmu. Taliban digunakan sebagai nama sekelompok pasukan di Afganistan untuk mengusir Uni Soviet pada 1994. Kini Taliban menjadi penguasa di Afganistan yang dicap sebagai gerakan Islam garis keras.

Sosok Eko Kuntadhi yang dikenal giat menyampaikan pendapatnya melalui Twitter menuding kartun Nussa dan Rara sebagai representasi dari Taliban. Pakaian yang dikenakan setiap karakter di animasi tersebut bahkan dimaknainya sebagai bentuk kampanye tentang khilafah.

"Apakah ini foto anak Indonesia? Bukan. Pakaian lelaki sangat khas Taliban. Anak Afganistan. Tapi film Nussa Rara mau dipromosikan ke seluruh dunia. Agar dunia mengira, Indonesia adalah cabang khilafah. Atau bagian dari kekuasaan Taliban. Promosi yang merusak!" ujar Eko dikutip dari akun Twitternya @eko_kuntadhi, Senin, 21 Juni 2021.

Sontak cuitan Eko tersebut menjadi kontroversi hingga ditanggapi oleh sejumlah tokoh antara lain eks Jubir KPK Febri Diansyah dan Angga Sasongko selaku sutradaranya.

"Bahkan isu Taliban dipakai nyerang film anak Nussa dan Rara.. Ckck. Hanya karena pakaian yang dikenakan. Saya nonton sejumlah film-film tersebut bersama anak-anak, dan saya menemukan banyak sekali pesan dan nilai-nilai positif. Isu murahan Taliban ini juga yang dulu digunakan menyerang KPK," kicau Febri Diansyah.

"Ah bacot. Bukti enggak ada, diajak nonton enggak berani datang. Tapi ya sudah, saya enggak mau menghambat penghasilan Anda dengan menggoreng-goreng isu identitas dan polarisasi. Monggo dilanjut sampai kapalan," kata Angga Sasongko di akun Twitternya.

Itulah sejumlah fakta menarik tentang film Nussa dan Rara yang dituding tidak mencerminkan keberagaman Indonesia. Buat yang sudah menontonnya, bagaimana pendapatmu?

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended
Asri Welas dan Nussa The Movie

Berlinang Air Mata, Asri Welas: Nussa The Movie Harus Ditonton

  • 23 Juni 2021, 13:35 WIB
Asri Welas, Opie Kumis dan Hamka Siregar adalah sederet sosok yang berada di balik karakter pemain Nussa The Movie.
Ernest Prakasa

Ernest Prakasa Ungkap Kesulitan dan Dampak Puasa Instagram Seminggu

  • 26 Juli 2021, 14:54 WIB
Ernest Prakasa puasa Instagram selama satu minggu, berikut ini kesulitan dan dampak yang dirasakannya.
Resep Pizza Mini Roti Tawar

Resep Pizza Mini Roti Tawar Cocok Dicoba di Rumah

  • 26 Juli 2021, 14:46 WIB
Berikut resep pizza mini roti tawar lengkap dengan cara membuatala Chef William Gozali. Cocok dijadikan cemilan saat di rumah aja.
Tips Fashion

5 Tips Fashion ala Artis Korea Sesuai Bentuk Tubuh Agar Lebih Kurus

  • 26 Juli 2021, 14:17 WIB
Berikut 5 tips fashion sesuai bentuk tubuh, yakni tubuh apel, pir, jam pasir hingga penggaris agar lebih kurus ala artis Korea.
Alicia Schmidt

Biodata dan Pacar Alica Schmidt, Atlet Olimpiade Tokyo 2020

  • 26 Juli 2021, 13:51 WIB
Biodata Alica Schmidt dinobatkan sebagai atlet terseksi dan bertekad untuk bisa menyabet medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.
I love you silly

Jourdy Pranata Bocorkan SeriaI I Love You Silly Season 2, Ada Ayah Ben

  • 26 Juli 2021, 13:13 WIB
Monty Tiwa dan Jourdy Pranata bocorkan serial I Love You Silly season 2, bahas sosok ayah Ben, para pemain dan alur cerita.
The Latest
I love you silly

Jourdy Pranata Bocorkan SeriaI I Love You Silly Season 2, Ada Ayah Ben

  • 26 Juli 2021, 13:13 WIB
Snake eyes

Daftar Box Office 23-25 Juli 2021, Snake Eyes Dikalahkan Film Old

  • 26 Juli 2021, 11:12 WIB
Antares

5 Fakta Antares, Serial Baru Angga Yunanda Tayang di WeTV

  • 25 Juli 2021, 21:29 WIB
Film Selesai

Fakta dan Jadwal Tayang Film Selesai Dibintangi Anya Geraldine

  • 25 Juli 2021, 16:32 WIB
Fist Fight

Sinopsis dan Link Nonton Fist Fight Sub Indo 

  • 25 Juli 2021, 09:41 WIB
INDEKS