Logo
The Medium
film
The Medium
Photo: imdb
The Medium

ZIGI – Film horor berjudul The Medium (2021) sukses menjadi buah bibir pecinta film terutama yang berasal dari Asia Tenggara. Pasalnya, film horor Thailand ini dinilai mampu menyuguhkan cerita mengerikan dengan alur yang sangat menghibur.

Nah, kali ini Zigi.id telah merangkum beberapa fakta menarik di balik film The Medium yang siap bikin bulu kudukmu merinding. Penasaran seperti apa kengerian yang dihadirkan dalam film tersebut? Simak artikel ini sampai habis ya. Keep scrolling!

Angkat Cerita tentang Perdukunan

The Medium
Photo : imdb
The Medium

Tak hanya di Indonesia yang kental dengan cerita dukun, di Thailand tempat film The Medium berasal ternyata juga masih banyak yang percaya dunia perdukunan. Sebagaimana yang diperlihatkan di trailer The Medium, film ini bersetting di daerah Isan, Thailand di mana penduduknya konon masih percaya dengan kekuatan roh halus.

Sejumlah ritual hingga adegan kesurupan pun ditonjolkan dalam film ini. Kemudian, Ni (Sawanee Utoomma) yang merupakan seorang dukun berusaha menyembuhkan seseorang yang kerasukan kekuatan jahat namun keadaan malah semakin kacau.

Disebutkan, The Medium mengangkat kisah tentang Shamanisme, sebuah kepercayaan yang sudah ada berabad-abad terutama di daerah Isan, Thailand. Melansir dari thepuketnews.com, Shamanisme merupakan keyakinan sekelompok orang yang mempercayai adanya kekuatan roh yang bisa mendapat pengetahuan, kekuatan dan lain sebagainya.

Kolaborasi 2 Sutradara Hebat Thailand

The Medium
Photo : imdb
The Medium

Film The Medium merupakan buah karya dari sutradara ternama Banjong Pisanthanakum yang pernah sukses dengan film Shutter pada tahun 2004. Film Shutter bahkan sempat di-remake ke dalam versi Hollywood karena ceritanya yang sangat menarik. Adapun film lain yang pernah disutradarainya seperti Pee Mak (2013), 4BIA (2008), One Day (2016) dan Hello Stranger (2010).

Akan tetapi, dalam mengarahkan film horror The Medium, Banjong Pisanthanakun tak sendirian karena ia berkolaborasi dengan Na Hong Jin. Sebelumnya, Na Hong Jin pernah menggarap film thriller dan horor sukses berjudul The Wailing (2016).

Dibintangi Aktor Papan Atas

The Medium
Photo : imdb
The Medium

Kesuksesan The Medium hingga mendapat pujian tak lepas dari aktor-aktor Thailand yang terlibat. Sebut saja aktris Sawanee Utoomma yag memerankan karakter Ni dinilai cukup apik berakting di The Medium. Wajar saja, ia telah berperan di berbagai judul drama Thailand mulai dari One Day, The Promise, dan masih banyak lagi.

Selain Sawanee, aktor Yasaka Chaisorn sebagai Manit, Narilya Gulmongkolpech sebagai Mink dan Sirani Yankittikan sebagai Noi juga sukses membuktikan kualitas akting mereka.

Masuk Box Office Korea Selatan

The Medium
Photo : imdb
The Medium

Pencapaian The Medium tidak hanya sukses di negara asalnya melainkan juga mampu masuk Box Office Korea Selatan. Tak tanggung-tanggung, film ini mampu meraup pendapatan hingga US$5,6 juta Amerika Serikat atau setara dengan Rp80,3 miliar sejak dirilis.

Sebelumnya, film The Medium juga sempat ditayangkan di Festival Film Fantastis Internasional Bucheon ke-25 pada 11 Juli 2021 kemarin. Adapun penayangan perdana film horor ini di Korea Selatan terjadi pada tanggal 14 Juli 2021.

Dapat Sejumlah Penghargaan

The Medium
Photo : imdb
The Medium

Penghargaan utama kategori Best Of Buechon berhasil diraih The Medium dalam Festival Film Fantastis Internasional Bucheon 2021. Kemudian, prestasi berlanjut dengan diraihnya penghargaan Bifan 2021.

Para kritikus menilai, The Medium layak dinobatkan sebagai film mockumentary terbaik dengan salah satu faktornya adalah sinematik yang cukup apik. Tak berhenti sampai di situ, The Medium masuk ke dalam nominasi Official Fantastic Competition di Sitges-Catalonian International Film Festival 2021.

Film horor Thailand, The Medium saat ini sedang tayang di bioskop Indonesia lho. Tetarik nonton?

  • Editor: Hadi Mulyono

How does this article make you feel?

Recommended

Fakta dan Biodata Narilya Gulmongkolpech, Mink di Film The Medium

  • 11 November 2021, 07:00 WIB
Narilya Gulmongkolpech adalah aktris berkebangsaan Thailand yang sukses berperan sebagai Mink di film The Medium.

Sutradara Film The Medium Puji Joko Anwar, Ngaku Ingin Kolaborasi

  • 10 November 2021, 23:03 WIB
Banjong Pisanthanakun, sutradara film The Medium ngaku nonton film horor Indonesia dan ingin kolaborasi dengan Joko Anwar.

Sutradara Ungkap Kemungkinan Film The Medium 2

  • 10 November 2021, 16:52 WIB
Sutradara Banjong Pisanthanakun bicara soal film The Medium 2 hingga Narilya Gulmongkolpech ungkap kesulitan main karakter Mink.

Cara Nonton Film The Medium Sub Indo, Pecahkan Rekor di Indonesia

  • 02 November 2021, 19:04 WIB
Fakta menarik dan cara nonton film The Medium subtitle bahasa Indonesia, film horor Thailand viral di TikTok.

Sinopsis Film The Grotesque Mansion, Uji Nyali di Apartemen Horor

  • 17 September 2021, 16:21 WIB
Film The Grotesque Mansion yang dibintangi Sung Joon dan Kim Bo Ra mendapatkan ulasan positif karena cerita yang mencekam.

13 Film Horor Jadi Eksperimen Tontonan Berhadiah Rp18 Juta

  • 14 September 2021, 16:17 WIB
Sebuah perusahaan di Amerika Serikat bakal memberi hadiah total Rp18 juta bagi seseorang yang siap menonton 13 film horor.
The Latest
House of Gucci dan Encanto

Daftar Box Office 26-28 November 2021, Ada Encanto dan House of Gucci

  • 29 November 2021, 16:48 WIB
Jerome Kurnia dan Arawinda Kirana di IdeaFest 2021

Jerome Kurnia dan Arawinda Kirana Berbagi Rahasia di IdeaFest 2021

  • 27 November 2021, 15:57 WIB
Film Kadet 1947

Review Film Kadet 1947, Drama Heroik Tanpa Kekakuan

  • 26 November 2021, 20:50 WIB
Layangan Putus

Spoiler Serial Layangan Putus Episode 2, Kinan Ketemu Selingkuhan Aris

  • 26 November 2021, 20:38 WIB
Teluk Alaska

Spoiler Serial Teluk Alaska Episode 6A, Alister Bucin ke Ana

  • 26 November 2021, 19:09 WIB
INDEKS