Logo
Attack on Titan
film
5 Film Dilarang Tayang di Rusia, Ada Attack on Titan Live Action
Photo: Twitter.com

ZIGI – Film Attack on Titan live action atau Shingeki no Kyojin dilarang tayang di Rusia. Seperti diketahui, pemerintah negara Rusia saat ini tengah gencar memblokir berbagai film mulai dari animasi hingga live action khususnya yang berasal dari Jepang.

“Menonton serial animasi tidak diragukan lagi membahayakan pendidikan dan perkembangan spiritual dan moral anak-anak dan bertentangan dengan sifat humanistik dari pendidikan yang melekat di Rusia,” kata siaran pers Pengadilan Distrik Oktyabrsky St. Petersburg, dikutip dari laman News18, Kamis, 15 Juli 2021.

Sampai saat ini, sudah ada beberapa film yang dilarang di Rusia karena dianggap bertentangan dengan budaya negara tersebut dan dinilai berpotensi merusak generasi. Di bawah ini, Zigi.id telah merangkum sejumlah film yang dilarang di Rusia termasuk Attack on Titan live action. Keep scrolling!

Attack on Titan Live Action

Photo : Sbs

Film Attack on Titan Live Action resmi dilarang di Rusia karena dianggap membahayakan kesehatan mental dan perkembangan spiritual dan moral anak-anak. Film yang berasal dari Jepang ini bercerita tentang umat manusia yang hidup di sebuah wilayah, yang dikelilingi tiga lapis tembok besar. Tembok-tembok tersebut berfungsi untuk melindungi mereka dari makhluk pemakan manusia berukuran raksasa yang dikenal dengan sebutan Titan.

Attack on Titan diangkat dari manga berjudul Shingeki no Kyojin karya Hajime Isyama dan telah terjual hingga lebih dari 100 juta kopi pada Desember 2019. Hal itu membuatnya jadi salah satu seri manga terlaris sepanjang sejarah. Film Attack on Titan live action telah tayang pada 2015 yang dimana Haruma Miura berperan sebagai Eren Yeager.

Attack on Titan menunjukkan adegan yang tak tertandingi dalam kekejaman: raksasa telanjang mencabik-cabik orang dan melahap mereka, melahap anak-anak,” sambung siaran pers tersebut dikutip dari Anime Corner.

Akira

Photo : Twitter.com

Selanjutnya dikutip dari The Moscow Times, pengadilan St. Petersburg juga resmi melarang anime Jepang berjudul Akira sejak bulan Juli 2021 ini. Alasannya pun masih sama yaitu banyak adegan yang berpotensi merusak kesehatan dan perkembangan psikologis pada anak-anak yang menontonnya.

Anime ini berkutat pada cerita geng motor yang kerap terlibat aksi balapan hingga pertarungan. Diceritakan seorang pemuda bernama Shotaro Kaneda yang menjadi pemimpin geng motor The Capsules. Suatu hari, seorang anggotanya bernama Tetsuo bertabrakan dengan Takashi yang merupakan salah satu Esper. Esper sendiri adalah manusia yang memiliki kekuatan super.

Mortal Kombat Legends: Scorpion’s Revenge

Photo : Twitter.com

Film selanjutnya yang dilarang otoritas negara Rusia adalah Mortal Kombat Legends: Scorpion’s Revenge. Para ahli di pengadilan negara tersebut menyimpulkan bahwa anime Mortal Kombat Legends: Scorpion's Revenge dapat memotivasi perilaku agresif atau melukai diri sendiri.

Mortal Kombat Legends: Scorpion's Revenge merupakan film anime seni bela diri yang membuatnya banyak menampilkan adegan-adegan berbahaya. Film ini bercerita tentang balas dendam salah satu karakternya setelah keluarganya dibunuh.

Mortal Kombat Legends: Scorpion's Revenge telah dirilis pada 14 April 2020. Sekuelnya yang berjudul Mortal Kombat Legends: Battle of the Realms, dijadwalkan tayang pada 31 Agustus 2021.

Happy Tree Friends

Photo : Twitter.com

Kartun Happy Tree Friends juga telah resmi dilarang tayang di Rusia. Dasar pelarangan ini karena para ahli di pengadilan sepakat bahwa tontonan tersebut mengandung unsur kekejaman yang dirancang dengan gaya Amerika.

Happy Tree Friends bercerita tentang tiga hewan hutan yang mati dengan cara yang kejam di setiap episodenya. Animasi yang dibuat oleh Kenn Navarro, Aubrey Ankrum, dan Rhode Montijo ini memang sudah diumumkan di situs resminya memuat adegan kekerasan sehingga tidak direkomendasikan untuk anak kecil.

Death Note

Photo : Twitter.com

Sejak tahun 2013 lalu, Death Note telah didesak tidak tayang oleh para orang tua di Rusia. Protes tersebut disampaikan setelah seorang gadis berusia 15 tahun dengan koleksi manga Death Note meninggal dunia karena bunuh diri.

Kemuidan pada tahun ini, media Sankt Peterburg melaporkan bahwa seorang remaja penggemar Death Note jatuh dari jendela dengan mengenakan kemeja putih dan dasi merah mirip gaya karakter utama film tersebut.

Death Note (2006) bercerita tentang seorang siswa sekolah di Jepang memiliki buku catatan mistis. Dia menemukan bahwa akhirnya memiliki kekuatan untuk membunuh siapa pun yang namanya dia tuliskan di dalamnya.

Itulah lima film yang dilarang tayang di Rusia termasuk film Attack on Titan live action hingga Death Note. Pengadilan Rusia menyimpulkan bahwa menonton film di atas oleh anak di bawah umur dapat membahayakan kesehatan mental, spiritual dan perkembangan moral, serta pembentukan reaksi fobia.

  • Editor: Hadi Mulyono
Recommended
Anime

10 Anime Ceritanya Mirip Tokyo Revengers, Erased Hingga Re:Zero

  • 13 Juli 2021, 08:00 WIB
Deretan anime yang memiliki cerita mirip Tokyo Revengers, Ken Wakui ternyata terinspirasi dari Erased dan Re:Zero.
Anime

7 Anime Terbaik dari Studio MAPPA, Attack On Titan Hingga Dororo

  • 09 Juli 2021, 08:08 WIB
Deretan anime terbaik dari studio MAPPA, ada Attack On Titan Final Season, Jujutsu Kaisen hingga Dororo.
Manga

10 Manga Terlaris Tahun 2021, Tokyo Revengers Hingga Chainsaw Man

  • 30 Juni 2021, 08:00 WIB
Deretan manga terlaris tahun 2021, dari Tokyo Revengers hingga Chainsaw Man yang juga dijadikan anime.
Reza arap

Harga Action Figure Levi Ackerman Terlangka Milik Reza Arap

  • 28 Juni 2021, 15:22 WIB
Gak cuma Reza Arap, Frans Sanjaya juga punya action figure Levi Ackerman terlangka dan mainan Attack On Titan mahal.
Drama Terbaik Jepang

7 Drama Jepang Terbaik Adaptasi Manga, Ada yang Diremake Versi Korea

  • 02 Juni 2021, 08:00 WIB
7 drama Jepang terbaik adaptasi manga, Hana Yori Dango dan Itazura na Kiss sampai diremake versi Korea.
Jean dan Mikasa

Viral Spoiler Attack on Titan Vol.34 Extra Pages: Mikasa dan Jean

  • 15 Mei 2021, 15:48 WIB
Beredar spoiler halaman tambahan atau extra pages manga Attack on Titan volume 34, Mikasa dan Jean menikah setelah Eren meninggal.
The Latest
I love you silly

Jourdy Pranata Bocorkan SeriaI I Love You Silly Season 2, Ada Ayah Ben

  • 26 Juli 2021, 13:13 WIB
Snake eyes

Daftar Box Office 23-25 Juli 2021, Snake Eyes Dikalahkan Film Old

  • 26 Juli 2021, 11:12 WIB
Antares

5 Fakta Antares, Serial Baru Angga Yunanda Tayang di WeTV

  • 25 Juli 2021, 21:29 WIB
Film Selesai

Fakta dan Jadwal Tayang Film Selesai Dibintangi Anya Geraldine

  • 25 Juli 2021, 16:32 WIB
Fist Fight

Sinopsis dan Link Nonton Fist Fight Sub Indo 

  • 25 Juli 2021, 09:41 WIB
INDEKS