Logo
Raiden Tameemon
  • Oleh Indriane

  • Selasa, 29 Juni 2021 | 08:00 WIB
film
8 Fakta Raiden Tameemon, Pegulat Jepang di Record of Ragnarok 2
Photo: Berbagai sumber

ZIGI – Raiden Tameemon akan melawan Shiva dalam anime Record of Ragnarok season 2 yang direncanakan rilis pada akhir 2022. Raiden merupakan pegulat bertubuh bak raksasa yang melegenda di Jepang pada zaman Edo.

Kekuatan dan karakter Raiden Tameemon sering dijadikan inspirasi dalam film, manga serta perangko. Raiden dinilai sangat berbakat menguasai teknik oshi-sumo. Penasaran dengan sosok Raiden Tameemon? Yuk simak fakta-faktanya!

1.Kehidupan Awal Raiden Tameemon


Sumber foto: alchetron.com

Raiden Tameemon lahir di kota Tomi (Prefektur Nagano) pada Januari 1767. Namanya saat lahir adalah Seki Tarokichi. Dikutip Zigi.id dari Reference Jrank, Raiden tumbuh dalam keluarga petani di mana kerja keras sangat dijunjung tinggi. Raiden memiliki ayah bernama Hanemon dan sangat tertarik dengan dunia gulat.

2.Awal Mula Jadi Pegulat Sumo


Sumber foto: pinterest.com

Di usia 14 tahun, Raiden diizinkan oleh ayahnya untuk menghadiri kelas Sumo di Nagaze. Ketika Raiden berusia 17 tahun, kepala istal Urakaze-beya memperhatikannya ketika dia melewati area tersebut ketika tur regional dengan pegulat lainnya. Kepala Istal Urakaze-beya sangat terkesan dengan fisik Raiden.

Raiden muda tingginya 1,97 meter yang dimana lebih tinggi tiga kepala dari masyarakat pada umumnya kala itu. Ia juga memiliki lengan yang besar dan ketika dilatih sebagai pegulat, berat badan Raiden mencapai 169 kilogram.

3.Latihan dengan Angkat Batu


Sumber foto: alchetron.com

Latihan yang dilakukan oleh Raiden dikatakan dengan menggantung sebuah batu yang beratnya mencapai 200 pon dan mengangkatnya di ladang untuk membangun kekuatannya. Ada pula yang mengatakan bahwa dia bisa mengangkat bak mandi besi sementara ibunya duduk di dalamnya.

4.Debut Sebagai Pegulat


Sumber foto: alchetron.com

Di musim gugur 1979, Seki Tarokichi debut sebagai pegulat sumo Jepang dengan nama Raiden Tameemon. Mentor Raiden adalah seorang Yokozuna (pegulat sumo profesional) legendaris bernama Tanikaze. Sejak saat itu, ia selalu memiliki rekor terbaik tanpa kekalahan di berbagai turnamen. 

Setelah kematian Tanikaze, Raiden dipromosikan menjadi Zeki (pangkat pegulat di bawah Yokozuna) pada Maret 1795. Pangkat Zeki dipertahankan oleh Raiden selama hampir 17 tahun. Raiden meraih 254 kemenangan dan 10 kekalahan sepanjang kariernya.

5.Teknik Raiden Tameemon


Sumber foto: maedaurushi.com

Raiden Tameemon memiliki teknik unggulannya yakni oshi-sumo. Oshi-sumo secara harfiah diterjemahkan sebagai mendorong sumo. Pegulat yang memakai teknik ini biasanya menang dengan taktik mendorong dan menyodorkan.

Di tahun 1800, Raiden dilarang menggunakan teknik favoritnya agar pertandingan lebih menarik. Tak cuma itu saja, Raiden juga dikatakan mahir dalam teknik dropkick yang dimana ia dengan cepat menyerang lawan dan memberikan tendangan kuat ke arah wajah.

Ada pula teknik Lariat, Raiden menerjang lawannya dengan tangan terentang dan dengan cepat meluncurkan lawan dengan berputar sebelum menjatuhkannya ke tanah.

6.Raiden Tameemon Pensiun


Sumber foto: alchetron.com

Meskipun mendominasi pertandingan selama dua dekade, Raiden tidak pernah mencapai peringkat bergengsi Yokozuna. Ia pensiun di usia 44 tahun dengan pangkat Zeki. Ada banyak teori mengapa ia tidak pernah dianugerahi gelar kehormatan Yokozuna, yang kemungkinan besar melibatkan hubungannya yang tegang dengan klan Yoshida.

Pada saat itu, hanya klan Yoshida yang memiliki wewenang untuk mengeluarkan lisensi resmi Yokozuna. Raiden ditolak lisensinya karena hubungannya dengan Shogun Tokugawa, yang rezimnya sangat ditentang oleh Yoshida.

7.Namanya Diabadikan di Kuil Tomioka Hachiman


Sumber foto: alchetron.com

Meskipun tidak pernah diberikan pangkat Yokozuna, pada tahun 1900 nama Raiden Tameemon tertulis di Batu Yokozuna di Kuil Tomioka Hachiman, Tokyo. Hal itu lantaran pengaruhnya yang luar biasa pada sumo di zaman Edo dan dituliskan ‘Raiden Tameemon Peerless Rikishi’. Kuil ini dulunya sering dijadikan tempat pertandingan sumo. Raiden Tameemon meninggal pada 11 Februari 1825.

8.Film, Manga Terinspirasi dari Raiden Tameemon


Sumber foto: pinterest.com

Film Big Man Japan yang dirilis pada 2007 menampilkan pegulat sumo Jepang termasuk Raiden Tameemon. Tak hanya itu, ia juga dihormati dengan dibuatkannya perangko Jepang dengan sosok Raiden Tameemon. 

Ia juga menjadi subjek dari sebuah isu dalam seri ilustrasi New Weekly Manga History of Japan: Entri Raiden yang ditulis oleh Hiromu Arakawa. Tak hanya itu, Raiden juga muncul di manga Record of Ragnarok karya Shinya Umemura and Takumi Fukui yang diterbitkan di majalah bulanan Comic Zenon pada 2017.

Karakter Raiden Tameemon akan muncul di anime Record of Ragnarok season 2 yang direncanakan rilis akhir 2022 atau awal 2023. Nantinya, ia akan bertarung dengan Dewa Siwa, satu dari tiga Dewa Utama dalam ajaran agama Hindu. Sedangkan, Record of Ragnarok season pertama telah tayang di Netflix pada 17 Juni 2021.

  • Editor: Indriane
Recommended
Record of ragnarok

Spoiler dan Jadwal Rilis Record of Ragnarok Chapter 50

  • 08 Juli 2021, 13:43 WIB
Spoiler manga Record of Ragnarok chapter 50, pertarungan sengit antara Buddha dan Hajun hingga menguak sosok Beelzebub.
Beelzebub Record of Ragnarok 49

10 Fakta Beelzebub, Pangeran Neraka di Manga Record of Ragnarok

  • 02 Juli 2021, 18:25 WIB
Deretan fakta menarik Beelzebub, muncul di manga Record of Ragnarok 49 disebut pangeran neraka hingga menipu manusia.
Record of ragnarok chapter 49

Baca Manga Record of Ragnarok Chapter 49: Hajun Menantang Buddha

  • 02 Juli 2021, 15:55 WIB
Manga Record of Ragnarok chapter 49 rilis bersamaan dengan chapter 48. Zerofuku berubah menjadi Hajun melawan Buddha.
Manga record of ragnarok chapter 48

Baca Manga Record of Ragnarok Chapter 48, Jadwal Rilis Terbaru

  • 24 Juni 2021, 18:11 WIB
Jadwal baca manga Record of Ragnarok chapter 48 terbit 25 Juni 2021 di Jepang. Pertarungan Buddha Vs Zerofuku masih berlangsung.
Jack the ripper

10 Fakta Jack The Ripper, Lawan Hercules di Record of Ragnarok 2

  • 24 Juni 2021, 07:18 WIB
Deretan fakta menarik Jack The Ripper, pembunuh berantai terkenal di Inggris hadir di Record of Ragnarok season 2.
Sasaki kojiro

8 Fakta Sejarah Sasaki Kojiro, Samurai Jepang di Record of Ragnarok

  • 23 Juni 2021, 15:27 WIB
Deretan fakta Sasaki Kojiro, samurai Jepang terkenal. Mulai dari sejarah, teknik duel hingga kemunculan di Record of Ragnarok.
The Latest
I love you silly

Jourdy Pranata Bocorkan SeriaI I Love You Silly Season 2, Ada Ayah Ben

  • 26 Juli 2021, 13:13 WIB
Snake eyes

Daftar Box Office 23-25 Juli 2021, Snake Eyes Dikalahkan Film Old

  • 26 Juli 2021, 11:12 WIB
Antares

5 Fakta Antares, Serial Baru Angga Yunanda Tayang di WeTV

  • 25 Juli 2021, 21:29 WIB
Film Selesai

Fakta dan Jadwal Tayang Film Selesai Dibintangi Anya Geraldine

  • 25 Juli 2021, 16:32 WIB
Fist Fight

Sinopsis dan Link Nonton Fist Fight Sub Indo 

  • 25 Juli 2021, 09:41 WIB
INDEKS