Logo
Gojou Satoru
film
Alasan Gojo Satoru Pakai Penutup Mata di Jujutsu Kaisen
Photo: Mappa

ZIGI – Gojo Satoru adalah karakter penyihir terkuat dalam manga Jujutsu Kaisen karangan Gege Akutami. Penampilannya terlihat khas dengan rambut putih dan penutup mata hitam.

Popularitas Gojo Satoru bahkan menyaingi karakter utama, Yuji Itadori dalam berbagai polling salah satunya Viz. Selain memiliki kekuatan besar melebihi Ryomen Sukuna, karakteristik Gojo Satoru yang ‘ugal-ugalan’ juga menjadi daya tarik.

Kamu pasti penasaran alasan Gojo Satoru memakai penutup mata. Padahal, guru dari sekolah Jujutsu High ini terlahir dengan Rikugan (Six Eyes) yang membuatnya mampu menguasai teknik kutukan Limitless secara optimal.

Dalam sebuah kesempatan, Gege Akutami menjawab pertanyaan fans bagaimana Gojo Satoru melihat melalui penutup mata. Serta apa alasannya? Yuk simak jawabannya dalam artikel berikut ini!

Kekuatan mata Gojo Satoru

Photo : Mappa

Gojo Satoru adalah orang pertama dari keluarganya yang menguasai Six Eyes sekaligus teknik Limitless. Karena hal ini, Gojo tidak pernah kehabisan energi kutukan dan dapat menggunakan setiap kekuatan secara efisien.

Mata berwarna biru kristal ini mampu menganalisa posisi segala objek dalam jarak berkilo-kilometer. Six Eyes juga mampu melihat secara detil aliran kutukan dalam suatu objek serta teknik kutukan yang digunakan.

Dalam anime, kekuatan mata Gojo Satoru pertama kali terlihat saat melawan Jogo di Jujutsu Kaisen episode 6 dan 7. Kemudian saat melayangkan serangan jarak jauh ke Hanami di acara sekolah Jujutsu High. 

Sementara dalam manga Jujutsu Kaisen chapter 65-79, Arc Masa Lalu Gojo, diketahui bahwa kekuatan Six Eyes bisa membuatnya kelelahan. Setelah mengalahkan Toji Fushiguro dan menguasai teknik kutukan Reverse, Gojo dapat terus mengaktifkan teknik Limitless dengan Six Eyes tanpa membuatnya kelelahan.

Mengapa Gojo Satoru pakai penutup mata?

Photo : Mappa

Dalam Jujutsu Kaisen Official Fanbook, Gege Akutami menjelaskan bahwa Gojo Satoru menggunakan penutup mata agar tidak membuatnya cepat merasa lelah akibat kemampuan Six Eyes.

Gojo masih bisa melihat meski matanya tertutup dengan merasakan energi kutukan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Six Eyes mampu melihat detil energi kutukan dalam sebuah objek.

Lantas, bagaimana bila objek tersebut tidak memiliki energi kutukan? Gojo masih mampu melihat jalanan ataupun bangunan melalui aliran energi kutukan yang mengelilingi objek tersebut. 

Dilansir dari Looper, kemampuan ini sama seperti karakter Marvel, Daredevil, yang menggunakan seluruh indera untuk melawan kejahatan. 

Rahasia Kacamata Gojo Satoru

Photo : Mappa

Selain menggunakan kain penutup mata, Gojo Satoru menggunakan kacamata hitam di momen yang lebih kasual. Ternyata, kacamata hitam tersebut bukan terbuat dari lensa yang tembus pandang.

“Bila dia tidak menggunakan penutup mata, hal itu akan membuatnya mudah lelah walaupun dia menggunakan teknik Reverse. Bila orang lain menggunakan kacamata Gojo, mereka tidak bisa melihat apapun selain benda hitam,” ungkap Gege Akutami dalam Jujutsu Kaisen Official Fanbook.

Sejauh ini, dalam manga Jujutsu Kaisen yang sudah mencapai chapter 153, belum pernah dijelaskan secara gamblang alasan Gojo Satoru memakai penutup mata. Tapi yang jelas, kekuatan Six Eyes yang besar mampu membuat penggunanya kelelahan bila tidak dikontrol dengan baik.

  • Editor: Maria Margaretha
Recommended
Tokyo revengers

Spoiler Manga Tokyo Revengers 216, Identitas Asli Kawaragi Senju

  • 22 Juli 2021, 15:37 WIB
Link baca dan spoiler manga Tokyo Revengers 216. Ungkap kondisi Mikey dan identitas Kawaragi Senju, pemimpin Geng Brahman.
Boruto chapter 60

Review dan Link Baca Manga Boruto chapter 60: Kawaki Dilema

  • 21 Juli 2021, 12:22 WIB
Baca manga Boruto chapter 60 terbit 20 Juli 2021 di Manga Plus, berikut ini spoiler serta review jalan cerita.
Jujutsu Kaisen

Baca Manga Jujutsu Kaisen 153 Terbit 1 Agustus di Shonen Jump

  • 16 Juli 2021, 09:35 WIB
Shonen Jump mengumumkan manga Jujutsu Kaisen 153 akan terbit pada 1 Agustus 2021 setelah Gege Akutami hiatus.
Grave of the flies

Kisah Nyata Film Grave of the Fireflies Lengkap Link Nonton

  • 15 Juli 2021, 09:53 WIB
Sinopsis lengkap link nonton film anime Grave of the Fireflies atau Hotaru no Haka yang diproduksi Studio Ghibli.
Tokyo revengers

7 Adegan Film Tokyo Revengers Live Action Mirip Anime

  • 15 Juli 2021, 08:01 WIB
7 potret adegan film Tokyo Revengers live action yang mirip dengan animenya. Dibintangi oleh Ryo Yoshizawa hingga Takumi Kitamura.
Tokyo revengers

Spoiler Manga Tokyo Revengers 215, Draken Mengkhianati Mikey?

  • 14 Juli 2021, 18:46 WIB
Spoiler manga Tokyo Revengers 215 lengkap dengan link baca di situs legal, alasan Draken masuk Geng Brahman hingga kondisi Mikey.
The Latest
I love you silly

Jourdy Pranata Bocorkan SeriaI I Love You Silly Season 2, Ada Ayah Ben

  • 26 Juli 2021, 13:13 WIB
Snake eyes

Daftar Box Office 23-25 Juli 2021, Snake Eyes Dikalahkan Film Old

  • 26 Juli 2021, 11:12 WIB
Antares

5 Fakta Antares, Serial Baru Angga Yunanda Tayang di WeTV

  • 25 Juli 2021, 21:29 WIB
Film Selesai

Fakta dan Jadwal Tayang Film Selesai Dibintangi Anya Geraldine

  • 25 Juli 2021, 16:32 WIB
Fist Fight

Sinopsis dan Link Nonton Fist Fight Sub Indo 

  • 25 Juli 2021, 09:41 WIB
INDEKS