Logo
Ayla The Daughter of War
film
Fakta dan Link Nonton Film Ayla The Daughter of War Sub Indo
Photo: Berbagai Sumber

ZIGI – Film Ayla The Daughter of War viral di media sosial karena jalan ceritanya yang menyedihkan. Film bergenre drama garapan Turki yang dirilis pada Oktober 2017 ini diangkat dari kisah nyata seorang tentara dengan gadis cilik asal Korea Selatan.

Ayla The Daughter of War ini sangat erat akan nuansa kekeluargaan terutama antara ayah dan anak. Sehingga tidak heran kalau film ini sukses membuat penontonnya menangis. Berikut fakta, sinopsis dan link nonton film Ayla The Daughter of War. Scroll ya!

Fakta Ayla The Daughter of War

Photo : Berbagai Sumber

Ayla The Daughter of War merupakan kisah nyata seorang tentara Turki bernama Suleyman dengan gadis cilik asal Korea Selatan bernama Eunja Kim atau disapanya Ayla. Pertemuan mereka terjadi saat peperangan di Korea. Keduanya pun menjadi sahabat sampai akhirnya mereka berpisah.

Suleyman harus kembali ke negaranya dan tidak bisa membawa bocah kecil tersebut. Ayla akhirnya ditangani oleh pihak yang berwenang dan dimasukkan ke sekolah Ankara School yakni sekolah khusus anak-anak korban perang. Sepanjang hidupnya, Suleyman masih mengingat Ayla. 

Dia ingin menepati janjinya untuk menemui Ayla lagi. Suleyman bahkan tidak mau mati sebelum memenuhi janji pada Ayla. Namun tidak banyak hasil dan catatan seorang gadis korea bernama Ayla. Hal ini karna Ayla tidak pernah menyebutkan nama asli koreanya. Meski begitu, Suleyman tidak pantang menyerah. 

Melalui bantuan jurnalis, Ayla akhirnya berhasil ditemukan yang ternyata memiliki nama Kim Eun Ja. Penantian Suleyman pun berakhir. Setelah 60 tahun lamanya berpisah akhirnya mereka bertemu pada tahun 2010. Suasana haru menyelimuti pertemuan mereka. Suleyman bahkan membawa beberapa hadiah serta sejumlah uang untuk Ayla.

Film ini menjadi salah satu nominasi Piala Oscar untuk film luar negeri terbaik dan bahkan di tahun 2018, film ini juga masuk kedalam nominasi film Turki untuk film asing terbaik di Academy Award ke-90 yang sangat layak untuk ditonton.

Suleyman Asli Menjadi Cameo

Photo : Good Times

Menjelang akhir film, saat Sersan Suleyman meninggalkan rumahnya untuk pergi ke masjid, dia menyapa seorang lelaki tua yang sedang membaca korannya di depan sebuah kafe di jalan. Orang tua itu adalah sosok asli Suleyman yang saat itu berusia 91 tahun. Dia hadir sebagai cameo melengkapi cerita film tersebut.

Suleyman Meninggal Dunia di Tahun 2017

Photo : Berbagai Sumber

Sayangnya, dua bulan setelah pemutaran perdana film Ayla The Daughter of War, Suleyman meninggal dunia di usia 91 tahun. Padahal saat itu, film tersebut juga masih diputar di bioskop. 

Suleyman menghembuskan napas terakhirnya di Istanbul setelah 1 bulan menjalani perawatan intensif. Menjelang akhir hidup Suleyman, Ayla atau Eunja Kim pun turut hadir menjenguknya. Tangis pun pecah saat Ayla melihat kondisi Suleyman yang terbaring di ranjang rumah sakit.

Sinopsis Ayla The Daughter of War

Photo : My Drama List

Ayla The Daughter of War ini sendiri mengisahkan tentang tentara Turki bernama Suleyman Dilbirligi (Ismail Hacioglu) menjadi salah satu dari ribuan tentara yang pergi ke Korea secara sukarela pada 17 September 1950. Saat itu, Turki mengirim 5.090 tentaranya ke Korea atas perintah PBB.

Suatu malam setelah pertempuran berdarah melawan musuh, Sersan Suleyman dan skuadronnya melihat adanya gerakan di balik semak-semak saat perjalanan pulang ke markas. Pasukan Suleyman sudah siap siaga karena takut gerakan itu adalah musuh atau binatang berbahaya.

Tapi yang keluar justru gadis kecil berusia 5 tahun. Dia duduk seorang diri di dekat tumpukan mayat. Itu menjadi awal pertemuan Suleyman dan Ayla. Dalam suasana perang itu, Suleyman kesulitan mencari orangtua Ayla. Hingga akhirnya, dia membawa Ayla ke markas.

Ayla pun boleh memanggil Suleyman dengan sebutan Baba. Suleyman juga mengajari Ayla bahasa Turki, hingga akhirnya bocah tersebut mulai berbicara dan berinteraksi dengan tentara lainnya. Tapi permasalahan muncul ketika Suleyman harus kembali ke Turki. 

Ada aturan ketat bahwa prajurit tersebut tak bisa membawa Ayla bersamanya. Suleyman sempat menyembunyikan Ayla di dalam kopernya, tapi ternyata tidak berhasil karena dia ketahuan. Perpisahan mereka ini yang begitu mengharukan dan membuat penontonnya menangis.

Link Nonton Ayla The Daughter of War

Photo : My Drama List

Meski begitu, ada banyak adegan lucu, dramatis dan juga menghangatkan hati lainnya yang tidak kalah menarik untuk disaksikan. Salah satunya saat Suleyman mengajak Ayla berdansa dengan menggendongnya.

Buat kamu yang penasaran, film Ayla The Daughter of War dapat ditonton di Netflix. Selain itu, trailer Ayla The Daughter of War juga dapat dilihat di situs iMDb. Tapi pastikan kamu sudah berlangganan Netflix terlebih dahulu ya. Selamat menonton!

Baca juga: Cara Berlangganan Netflix Lengkap Pembayaran Tanpa Kartu Kredit

  • Editor: Christiya Dika
Recommended
Fist Fight

Sinopsis dan Link Nonton Fist Fight Sub Indo 

  • 25 Juli 2021, 09:41 WIB
Daftar pemain, sinopsis, link nonton film Fist Fight (2017) lengkap subtitle Indonesia. Dibintangi Charlie Day dan Ice Cube.
Nevertheless episode 6

Link Nonton Streaming Drama Nevertheless Episode 6 Sub Indo

  • 24 Juli 2021, 17:08 WIB
Drama Nevertheless episode 6 sub Indo tayang di Netflix pada Sabtu, 24 Juli 2021 sekitar pukul 23.00 WIB.
Kingdom Ashin of the North

Link Download Kingdom: Ashin of the North Sub Indo

  • 23 Juli 2021, 15:28 WIB
Link nonton streaming dan cara download Kingdom: Ashin of the North sub indo. Tayang perdana Jumat, 23 Juli 2021 di Netflix.
Ashin of the north

Total Episode Kingdom: Ashin of The North di Netflix

  • 22 Juli 2021, 20:57 WIB
Alur cerita dan total episode Kingdom: Ashin of The North, spesial episode Netflix dengan durasi 92 menit.
Jeon mi do

Link Nonton Streaming Hospital Playlist 2 Episode 6 Sub Indo

  • 22 Juli 2021, 18:03 WIB
Drama Hospital Playlist 2 episode 6 sub Indo tayang Kamis, 22 Juli 2021 di Netflix sekitar pukul 22.00 WIB.
Avatar

Jadwal Tayang Serial Avatar: The Last Airbender Live Action di Netflix

  • 22 Juli 2021, 09:38 WIB
Syuting serial Avatar: The Last Airbender live action segera dimulai dan akan tayang di Netflix. Ada perubahan umur karakter.
The Latest
I love you silly

Jourdy Pranata Bocorkan SeriaI I Love You Silly Season 2, Ada Ayah Ben

  • 26 Juli 2021, 13:13 WIB
Snake eyes

Daftar Box Office 23-25 Juli 2021, Snake Eyes Dikalahkan Film Old

  • 26 Juli 2021, 11:12 WIB
Antares

5 Fakta Antares, Serial Baru Angga Yunanda Tayang di WeTV

  • 25 Juli 2021, 21:29 WIB
Film Selesai

Fakta dan Jadwal Tayang Film Selesai Dibintangi Anya Geraldine

  • 25 Juli 2021, 16:32 WIB
Fist Fight

Sinopsis dan Link Nonton Fist Fight Sub Indo 

  • 25 Juli 2021, 09:41 WIB
INDEKS