Logo
Grave of the flies
  • Oleh Indriane

  • Kamis, 15 Juli 2021 | 09:53 WIB
film
Kisah Nyata Film Grave of the Fireflies Lengkap Link Nonton
Photo: Instagram/@grave_ofthe_flies

ZIGI – Film anime Grave of The Fireflies atau dalam bahasa Jepang Hotaru no Haka dikatakan menjadi anime tersedih karena diangkat dari kisah nyata. Film anime ini ditulis dan disutradarai oleh Isao Takahata lalu dianimasikan oleh Studio Ghibli

Belakangan ini, film anime Grave of the Fireflies ramai diperbincangkan di TikTok. Cuplikan adegannya diunggah oleh akun @poding8 pada Selasa, 13 Juli 2021 dan sudah ditonton hingga 4,8 juta pengguna. Yuk simak sinopsis dan link nonton film anime Grave of The Fireflies!

Sinopsis Film Anime Grave of the Fireflies

Photo : Instagram/@grave_ofthe_flies

Film anime Grave of The Fireflies berlatar saat perang dunia ke-2 berlangsung yang dimana Amerika menyerang Jepang. Mengisahkan tentang gadis kecil dan kakaknya yang berjuang untuk bertahan hidup setelah sang ibu meninggal karena serangan bom dan ayahnya yang bekerja sebagai tentara tiada kabar.

Seita (panggilan kakak dalam bahasa Jepang) dan Setsuko akhirnya tinggal di tempat seperti gua karena rumah mereka hancur terkena serangan bom. Di sana mereka berjuang untuk tetap hidup dengan uang peninggalan ibunya. Hari demi hari, Setsuko menderita berbagai penyakit mulai dari gatal-gatal, diare, demam hingga gizi buruk.

Seita bahkan rela mencuri di kebun warga demi memenuhi kebutuhan mereka. Di akhir hidupnya, Setsuko menyebutkan makanan yang ia ingin konsumsi dan Seita berjanji akan segera mengabulkannya.

Grave of the Fireflies Diangkat dari Kisah Nyata

Photo : Instagram/@grave_ofthe_flies

Film anime Grave of the Fireflies diangkat dari kisah nyata yang didasarkan pada cerita pendek semi-otobiografi tahun 1967 karya Akiyuki Nosaka. Setelah itu, anime ini dirilis oleh Studio Ghibli pada 16 April 1988. 

Dikutip Zigi.id dari Animerica pada Kamis, 15 Juli 2021, sutradara Isao Takahata mengalami kesulitan untuk menganimasikan pemandangan karena dalam animasi Jepang seseorang tidak diizinkan untuk menggambarkan Jepang secara realistis.

Ada Film Live Action Grave of the Fire Flies

Photo : Instagram/@grave_ofthe_flies

Tak hanya itu, Grave of the Fireflies juga dibuat dalam versi live action yang ditayangkan pada tahun 2005. Namun, Akiyuki Nosaka mengatakan bahwa film itu menyimpang dari karya aslinya. Di sisi lain, ia bersyukur jika itu bisa menyampaikan kebrutalan perang pada orang-orang saat ini. 

Seita diperankan oleh Hoshi Ishada. Sedangkan Setsuko diperankan oleh Mao Sasaki. Beberapa pemeran lainnya ialah Mao Inaue, Nanako Matsushima dan Jun Kaname.

Penghargaan Film Anime Grave of the Fireflies

Photo : Instagram/@grave_ofthe_flies

Film anime Grave of The Fireflies berhasil mendapatkan berbagai penghargaan sejak penayangannya. Film ini mendapatkan Blue Ribbon Awards 1989 dengan kategori Special Award. Lalu, Chicago International Children's Film Festival 1994 dengan kategori Rights of the Child Award. Dikutip dari Movie Mezzanine, film anime Grave of The Fireflies mendapatkan penghasilan box office sebesar 1,7 miliar Yen atau sekitar Rp224 miliar.

Link Nonton Grave of the Fireflies

Photo : Instagram/@grave_ofthe_flies

Film anime Grave of The Fireflies sudah banyak tersebar di YouTube. Namun sayang, banyak kanal yang ilegal dan tidak disarankan untuk di akses. Berikut link nonton film anime Grave of the Fireflies di situs Amazon dengan biaya sebesar US$ 19,63 atau sekitar Rp284 ribu. Menonton film anime Hotaru no Haka di situs legal sebagai bentuk dukungan dan penghargaan kita terhadap karya-karya para sineas.

  • Editor: Indriane
Recommended
Gojou Satoru

Alasan Gojo Satoru Pakai Penutup Mata di Jujutsu Kaisen

  • 22 Juli 2021, 14:45 WIB
Gege Akutami, kreator manga Jujutsu Kaisen ungkap alasan Gojo Satoru pakai penutup mata ternyata berkaitan dengan Six Eyes.
Museum Ghibli

Museum Ghibli di Jepang Terancam Bangkrut Sampai Buka Donasi

  • 19 Juli 2021, 14:22 WIB
Museum Ghibli terancam bangkrut karena pandemi Covid-19 hingga akhirnya membuka donasi untuk membantu biaya operasionalnya.
Tokyo revengers

7 Adegan Film Tokyo Revengers Live Action Mirip Anime

  • 15 Juli 2021, 08:01 WIB
7 potret adegan film Tokyo Revengers live action yang mirip dengan animenya. Dibintangi oleh Ryo Yoshizawa hingga Takumi Kitamura.
Anime

10 Anime Ceritanya Mirip Tokyo Revengers, Erased Hingga Re:Zero

  • 13 Juli 2021, 08:00 WIB
Deretan anime yang memiliki cerita mirip Tokyo Revengers, Ken Wakui ternyata terinspirasi dari Erased dan Re:Zero.
Ufotable studio anime

10 Anime Terbaik Ufotable Studio, Demon Slayer Rating Tertinggi

  • 11 Juli 2021, 07:54 WIB
Daftar 10 anime terbaik produksi Ufotable Studio, Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba rating tertinggi.
Anime

6 Anime Ditunda Rilis, Boruto 209 karena Olimpiade Tokyo 2020

  • 10 Juli 2021, 10:00 WIB
Deretan anime yang ditunda penayangannya, Boruto episode 209 dikabarkan karena Olimpiade Tokyo 2020.
The Latest
I love you silly

Jourdy Pranata Bocorkan SeriaI I Love You Silly Season 2, Ada Ayah Ben

  • 26 Juli 2021, 13:13 WIB
Snake eyes

Daftar Box Office 23-25 Juli 2021, Snake Eyes Dikalahkan Film Old

  • 26 Juli 2021, 11:12 WIB
Antares

5 Fakta Antares, Serial Baru Angga Yunanda Tayang di WeTV

  • 25 Juli 2021, 21:29 WIB
Film Selesai

Fakta dan Jadwal Tayang Film Selesai Dibintangi Anya Geraldine

  • 25 Juli 2021, 16:32 WIB
Fist Fight

Sinopsis dan Link Nonton Fist Fight Sub Indo 

  • 25 Juli 2021, 09:41 WIB
INDEKS