Penulis Asli Kasus Anna Delvey Kritik Empati Netflix di Inventing Anna - Film ZIGI.ID
Logo
Inventing Anna
film
Inventing Anna
Photo: Instagram @inventinganna
Inventing Anna

ZIGI – Rachel Williams yang menulis kisah awal Anna Delvey mengkhawatirkan sisi cerita serial Inventing Anna di Netflix. Baginya, serial tersebut akan memberikan empati tidak perlu kepada pemilik nama asli Anna Sorokin tersebut. 

Meski tidak secara gamblang menyebut bagian mana saja yang bermasalah, tapi Rachel menegaskan serial tersebut mengaburkan fiksi dengan fakta. Simak selengkapnya di sini.

Baca juga: Fakta Sinopsis Inventing Anna, Kisah Nyata Penipu Sosialita

Penulis Kisah Anna Delvey Menentang Empati Netflix di Inventing Anna

Inventing Anna
Photo : Instagram @inventinganna
Inventing Anna

Rachel Willliams, mantan editor Vanity Fair, adalah penulis pertama yang mengisahkan kasus penipuan Anna Sorokin alias Anna Delvey. Selain menyelidiki sosoknya, Rachel juga merupakan korban penipuan dari perempuan asal Rusia tersebut. Serial tersebut memang didasarkan pada artikel yang kemudian diterbitkan sebagai buku berjudul My Friend Anna tahun 2019. 

Begitu Inventing Anna rilis pada 11 Februari 2022, Rachel memberikan pandangannya terhadap serial garapan Shonda Rhimes tersebut. Menurut sang jurnalis, serial ini bisa menarik empati yang salah kepada sosok Anna Sorokin. 

“Aku pikir mempromosikan seluruh narasi (tentang Anna Sorokin) dan merayakan sosok seorang sosiopat, narsistik, kriminal yang terbukti bersalah adalah tidak benar,” kata Rachel kepada Vanity Fair melansir dari The Hollywood Reporter pada Kamis, 17 Februari 2022. 

Menurut Vanity Fair, Netflix membayar Anna sebesar Rp4 miliar lebih untuk hak cerita yang difilmkan. "Fakta bahwa (Netflix) membiayai pengacara pembela kriminal swasta, dan memilih untuk membelanjakan uangnya dengan cara itu, tidak berarti itu bukan uang," katanya kepada Vanity lagi. 

Rachel Williams menegaskan bahwa Netflix telah mengaburkan antara fakta dan fiksi dengan cara yang mengkhawatirkan. Masalahnya adalah pihak layanan streaming tidak memberikan kebenaran secara utuh sehingga justru membahayakan penonton. 

"Aku pikir itu tindakan yang sangat berbahaya. Plus, itu memengaruhi proses peradilan pidana saat ini,” ungkapnya lagi. 

Rachel tidak merinci secara spesifik bagian mana yang benar atau salah dari seri Inventing Anna, tetapi dia menjelaskan bahwa narasinya dirancang untuk menciptakan empati untuk sang karakter. Rachel juga menyebut keseluruhan proyek sangat bermasalah.

Dalam kesempatan yang sama, Rachel Williams menceritakan bagaimana sakit hatinya ia atas tindakan Anna Sorokin alias Anna Devley. 

"Ini adalah hal tersulit yang pernah aku alami, pengkhianatan dengan motif uang. Dikhianati oleh seseorang yang aku percayai. Seluruh identitasnya benar-benar palsu," kata Rachel mentutup wawancara. 

Anna Delvey menolak Nonton Inventing Anna

Anna Delvey
Photo : Instagram @anna_delvey_
Anna Delvey

Anna Delvey mengatakan ia menolak untuk melihat versi fiksi dirinya. Setelah dibebaskan ia kembali ditahan di imigrasi dan bea cukai Amerika Serikat untuk persiapan deportasi. Anna juga dinyatakan positif Covid-19 sehingga harus isolasi. 

Ia memang berharap Inventing Anna adalah batu loncatan untuk mengubah hidupnya setelah ini. Meskipun merasa penasaran dengan penafsiran serial tersebut, tapi dirinya memilih untuk membuat jarak.

"Aku tidak bisa tidak merasa seperti renungan, sekaligus sebuah ironi dikurung di sel lembaga pemasyarakatan yang mengerikan," katanya dalam sebuah surat. 

Saat ini serial Inventing Anna yang menceritakan kehidupan Anna Delvey alias Anna Sorokin masuk trending penonton netflix Indonesia.

  • Editor: Erika Rizqi Rachmani
Recommended

Inventing Wirda Mansur Ramai di Twitter

  • 13 April 2022, 13:34 WIB
Wirda Mansur jadi sorotan setelah menyebut perusahaan fintech ayahnya sempat mau dibeli Rp4 triliun oleh perusahaan transportasi.

Sosialita Palsu, Anna Delvey Frustasi karena Dideportasi dari Amerika

  • 16 Maret 2022, 10:46 WIB
Anna Delvey, yang ceritanya dijadikan serial Inventing Anna akan segera dideportasi dari Amerika Serikat.

Profil dan Biodata Anna Delvey: Keluarga, Kasus Hukum, Dipenjara

  • 18 Februari 2022, 08:08 WIB
Profil & biodata Anna Delvey atau Anna Sorokin. Penipu pengusaha hingga selebriti di New York, kisahnya jadi serial Inventing Anna

10 Fakta Menarik Julia Garner, Pemeran Anna Delvey di Inventing Anna

  • 17 Februari 2022, 16:21 WIB
Fakta-fakta menarik Julia Garner yang berperan sebagai sosok nyata, Anna Sorokin dalam serial drama Netflix Inventing Anna.

Fakta Sinopsis Inventing Anna, Kisah Nyata Penipu Sosialita

  • 17 Februari 2022, 14:02 WIB
Serial Inventing Anna tayang di Netflix, tentang Anna Sorokin, wanita asal Rusia yang menipu banyak kalangan atas di New York.

Alasan Song Joong Ki Setuju Tak Dibayar untuk Film Hwaran

  • 02 Oktober 2022, 13:09 WIB
Sebagai bentuk dukungan kepada sineas dalam proyek film Hwaran, Song Joong Ki setuju untuk tidak ambil bayaran.
The Latest
Hocus Pocus 2

3 Fakta dan Sinopsis Film Hocus Pocus 2, Kembalinya Para Penyihir

  • 30 September 2022, 17:04 WIB
She Hulk: Attorney at Law

Nonton She Hulk: Attorney At Law Episode 7 Sub Indo, Ada Karakter Baru

  • 29 September 2022, 13:11 WIB
Film Smile

Sinopsis dan Cara Nonton Film Smile Sub Indo, Teror Senyum Mengerikan

  • 28 September 2022, 15:00 WIB
Hugh Jackman dan Ryan Reynolds

Bocoran Film Deadpool 3, Hugh Jackman Kembali Jadi Wolverine

  • 28 September 2022, 09:20 WIB
Avatar dan Dont Worry Darling

Box Office 23-25 September 2022, Film Don't Worry Darling Laris

  • 26 September 2022, 11:27 WIB
INDEKS